ABDATUL AZIZAH
SD KELAS A
SDN PADEMANGAN BARAT 07
LK. 1.1. Identifikasi Masalah
No. |
Jenis Permasalahan |
Masalah yang Diidentifikasi |
Analisis Identifikasi Masalah |
1 |
pedagogik,
literasi, dan numerasi. |
Pedagogik Pemahaman guru
terkait pedagogik masih rendah Literasi Cara literasi
yang mengasyikkan Numerasi Teknis
numerasi yang relevan dengan masalah sehari-hari |
Tidak semua
guru paham betul terkait pedagogik, literasi dan numerasi |
2 |
kesulitan
belajar siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran
(berdiferensiasi) di kelas berdasarkan pengalaman mahasiswa saat menjadi
guru. |
Murid
tertinggal jauh fasenya dibanding teman-teman satu kelas. Kurang
pedulinya orang tua terhadap anak yang berkebutuhan khusus Mempersiapkan
materi ajar yang berdasarkan pembelajaran berdiferensiasi |
Kemampuan
murid dalam satu kelas tidak seimbang, yang akhirnya butuh pembelajaran yang
berdiferensiasi. Sedangkan pembelajaran berdiferensiasi butuh persiapan yang
begitu kompleks |
3 |
membangun relasi/hubungan
dengan siswa dan orang tua siswa. |
Orang tua
menganggap pendidikan hanya di lingkungan sekolah saja |
Orang tua
sibuk dengan dirinya sendiri |
4 |
pemahaman/
pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik
materi dan siswa. |
Guru tidak
visioner dan mengembangkan diri untuk mengupgrade pengetahuan tentang
pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif |
Guru yang
tidak visioner akan berimbas pada model-model pembelajaran klasikal |
5 |
Materi
terkait literasi numerasi, advanced material, miskonsepsi, HOTS. |
Sulitnya
mengaitkan materi literasi numerasi dengan keaadaan saat ini |
Keterbatasan
guru yang berakibat terbatas pula literasi, numerasi, advanced material,
miskonsepsi dan HOTS |
6 |
pemanfaatan
teknologi/inovasi dalam pembelajaran. |
Teknologi
pembelajaran selalu up to date, jika guru tidak mau mengupgrade skill, maka
akan tertinggal jauh |
Tidak semua
guru melek teknologi dan mampu memanfaatkan teknologi yang arusnya semakin
berkembang |
LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah
No. |
Masalah yang telah diidentifikasi |
Hasil eksplorasi penyebab masalah |
Analisis eksplorasi penyebab masalah |
1 |
Pedagogik Pemahaman guru
terkait pedagogik masih rendah Literasi Cara literasi
yang mengasyikkan Numerasi Teknis
numerasi yang relevan dengan masalah sehari-hari |
1.Guru mampu
menangani anak dalam kelas, tetapi tidak menguasai teori-teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, kurikulum yang berubah juga dapat
mempengaruhi adaptasi guru terkait kurikulum 2. Kurangnya
pembiasaan yang relevan terkait dengan literasi dan numerasi |
Beban kerja
guru sangat tinggi, waktu untuk mengembangkan diri, berinovasi dalam
pembelajaran sedikit |
2 |
Murid
tertinggal jauh fasenya dibanding teman-teman satu kelas. Kurang
pedulinya orang tua terhadap anak yang berkebutuhan khusus Mempersiapkan
materi ajar yang berdasarkan pembelajaran berdiferensiasi |
1.
Murid hanya belajar jika ada
tugas 2.
Orang tua terkadang menutupi
kebutuhan khususnya 3.
Orang tua tidak terima jika
murid yang perlu tes diagnostik diarahkan untuk tes atau ke sekolah luar
biasa 4.
pembelajaran berdiferensiasi
membutuhkan waktu persiapan yang tidak sebentar |
1.
Murid lebih banyak bermain
gadget 2.
Orang tua tidak siap memiliki
anak yang berkebutuhan khususu 3.
Tes diagnostik membutuhkan
biaya yang banyak dan harus meluangkan waktu khusus 4.
Guru masih beranggapan bahwa
pembelajaran berdiferensiasi menghabiskan waktu dalam persiapan |
3 |
Orang tua
menganggap pendidikan hanya di lingkungan sekolah saja |
Orang tua
tidak mampu membimbing anaknya terkait pembelajaran di sekolah, baik waktu
dan tenaga sudah habis untuk bekerja 3. dst |
Orang tua
sangat sibuk bekerja memenuhi kebutuhan harian |
4 |
Guru tidak
visioner dan mengembangkan diri untuk mengupgrade pengetahuan tentang
pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif |
Masih adanya
beberapa guru senior yang beranggapan bahwa masih ada yang lebih muda dan
tidak perlu mengembangkan diri, beberapa guru berada di posisi nyaman |
Tidak mau
mengupgrade pengetahuan, merasa terbebani dengan model-model pembelajaran
inovatif, nyaman jika pembelajaran ”teacher center” |
5 |
Sulitnya
mengaitkan materi literasi numerasi dengan keaadaan saat ini |
Guru kurang
menguasai materi literasi dan numerasi, murid lebih tertarik dengan sesuatu
yang bersifat digital. |
Guru belum
memahami betul konsep literasi dan numerasi yang baik |
6 |
Teknologi
pembelajaran selalu up to date, jika guru tidak mau mengupgrade skill, maka
akan tertinggal jauh |
Keinginan guru
untuk mengupgrade skill rendah Pelatihan yang
banyak diadakan saat ini bresifat mendaftarkan diri |
Guru
berada di posisi nyaman, jika tidak
ada namanya dalam peserta pelatihan maka tidak akan mengembangkan diri. |
LK 1.3
Penentuan Penyebab Masalah dan Masalah Terpilih yang
akan diselesaikan
No. |
Hasil
eksplorasi penyebab masalah |
Akar
penyebab masalah |
Analisis
akar penyebab masalah |
Masalah
terpilih yang akan diselesaikan |
1 |
1.Guru mampu
menangani anak dalam kelas, tetapi tidak menguasai teori-teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, kurikulum yang berubah juga dapat
mempengaruhi adaptasi guru terkait kurikulum 2. Kurangnya
pembiasaan yang relevan terkait dengan literasi dan numerasi |
Banyaknya beban kerja guru
dalam mengerjakan administrasi kelas
Sosialisasi kurikulum baru
masih belum merata
Pembiasaan literasi dan
numerasi cenderung membosankan |
Guru nerasa beban kerja yang
sangat banyak setelah energi terkuras mengajar murid di kelas
Sosialisasi yang bermakna dan
teraplikasi di kelas belum menyeluruh
|
1. Pengembangan pedagogik guru
2. Pembiasaan Literasi dan
Numerasi
3. Mengupgrade skill dalam bidang
teknologi
|
2 |
1.
Murid hanya belajar jika ada
tugas 2.
Orang tua terkadang menutupi
kebutuhan khususnya 3.
Orang tua tidak terima jika
murid yang perlu tes diagnostik diarahkan untuk tes atau ke sekolah luar
biasa pembelajaran
berdiferensiasi membutuhkan waktu persiapan yang tidak sebentar |
Perhatian orang tua terhadap
anaknya kurang dalam hal tugas sekolah |
Perhatian orang tua terhadap
anak mengenai tugas sekolah kurang
Orang tua merasa malu jika
mempunyai anak berkebutihan khusus
Kurangnya pemahaman guru
mengenai pembelajarn berdiferensiasi |
|
3 |
Orang tua
tidak mampu membimbing anaknya terkait pembelajaran di sekolah, baik waktu
dan tenaga sudah habis untuk bekerja |
Kurangnya ikut serta peran
orang tua dalam membimbing anaknya di rumah |
Orang tua tidak peka terhadap
kebutuhan anak |
|
4 |
Masih adanya
beberapa guru senior yang beranggapan bahwa masih ada yang lebih muda dan
tidak perlu mengembangkan diri, beberapa guru berada di posisi nyaman |
Pelatihan saat ini dengan pola
mendaftarkan diri, jika guru tidak aktif mendaftarkan diri maka guru tidak
mengikuti pelatihan |
Perlunya semangat atau
penguatan dari dalam diri untuk berkembang |
|
5 |
Guru kurang
menguasai materi literasi dan numerasi, murid lebih tertarik dengan sesuatu
yang bersifat digital. |
Literasi dan numerasi merupakan
suatu hal yang baru |
Kemajuan teknologi mendorong
murid lebih cepat berkembang sedangkan guru masih stagnan dengan model
pembelajaran terdahulu |
|
6 |
Keinginan guru
untuk mengupgrade skill teknologi rendah Pelatihan yang
banyak diadakan saat ini bersifat mendaftarkan diri |
Guru merasa sulit menerima
hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi |
Penggunaan teknologi perlu
dibiasakan dalam mengajar supaya tidak gagap |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar