Selasa, 18 Juli 2023

TUGAS PTK

 

ABDATUL AZIZAH
SD KELAS A
SDN PADEMANGAN BARAT 07

 

LK. 1.1. Identifikasi Masalah

No.

Jenis Permasalahan

Masalah yang Diidentifikasi

Analisis Identifikasi Masalah

1

pedagogik, literasi, dan numerasi.

Pedagogik

Pemahaman guru terkait pedagogik masih rendah

 

Literasi

Cara literasi yang mengasyikkan

 

Numerasi

Teknis numerasi yang relevan dengan masalah sehari-hari

Tidak semua guru paham betul terkait pedagogik, literasi dan numerasi

2

kesulitan belajar siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran (berdiferensiasi) di kelas berdasarkan pengalaman mahasiswa saat menjadi guru.

Murid tertinggal jauh fasenya dibanding teman-teman satu kelas.

Kurang pedulinya orang tua terhadap anak yang berkebutuhan khusus

Mempersiapkan materi ajar yang berdasarkan pembelajaran berdiferensiasi

Kemampuan murid dalam satu kelas tidak seimbang, yang akhirnya butuh pembelajaran yang berdiferensiasi. Sedangkan pembelajaran berdiferensiasi butuh persiapan yang begitu kompleks

3

membangun relasi/hubungan dengan siswa dan orang tua siswa.

Orang tua menganggap pendidikan hanya di lingkungan sekolah saja

Orang tua sibuk dengan dirinya sendiri

4

pemahaman/ pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik materi dan siswa.

Guru tidak visioner dan mengembangkan diri untuk mengupgrade pengetahuan tentang pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif

Guru yang tidak visioner akan berimbas pada model-model pembelajaran klasikal

5

Materi terkait literasi numerasi, advanced material, miskonsepsi, HOTS.

Sulitnya mengaitkan materi literasi numerasi dengan keaadaan saat ini

Keterbatasan guru yang berakibat terbatas pula literasi, numerasi, advanced material, miskonsepsi dan HOTS

6

pemanfaatan teknologi/inovasi dalam pembelajaran.

Teknologi pembelajaran selalu up to date, jika guru tidak mau mengupgrade skill, maka akan tertinggal jauh

Tidak semua guru melek teknologi dan mampu memanfaatkan teknologi yang arusnya semakin berkembang

 


LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah

 

No.

Masalah yang telah  diidentifikasi

Hasil eksplorasi penyebab masalah

Analisis eksplorasi penyebab masalah

1

Pedagogik

Pemahaman guru terkait pedagogik masih rendah

 

 

Literasi

Cara literasi yang mengasyikkan

 

Numerasi

Teknis numerasi yang relevan dengan masalah sehari-hari

1.Guru mampu menangani anak dalam kelas, tetapi tidak menguasai teori-teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, kurikulum yang berubah juga dapat mempengaruhi adaptasi guru terkait kurikulum

2. Kurangnya pembiasaan yang relevan terkait dengan literasi dan numerasi

Beban kerja guru sangat tinggi, waktu untuk mengembangkan diri, berinovasi dalam pembelajaran sedikit

2

Murid tertinggal jauh fasenya dibanding teman-teman satu kelas.

Kurang pedulinya orang tua terhadap anak yang berkebutuhan khusus

Mempersiapkan materi ajar yang berdasarkan pembelajaran berdiferensiasi

1.   Murid hanya belajar jika ada tugas

2.   Orang tua terkadang menutupi kebutuhan khususnya

3.   Orang tua tidak terima jika murid yang perlu tes diagnostik diarahkan untuk tes atau ke sekolah luar biasa

4.   pembelajaran berdiferensiasi membutuhkan waktu persiapan yang tidak sebentar

1.   Murid lebih banyak bermain gadget

2.   Orang tua tidak siap memiliki anak yang berkebutuhan khususu

3.   Tes diagnostik membutuhkan biaya yang banyak dan harus meluangkan waktu khusus

4.   Guru masih beranggapan bahwa pembelajaran berdiferensiasi menghabiskan waktu dalam persiapan

3

Orang tua menganggap pendidikan hanya di lingkungan sekolah saja

Orang tua tidak mampu membimbing anaknya terkait pembelajaran di sekolah, baik waktu dan tenaga sudah habis untuk bekerja

3.

dst

Orang tua sangat sibuk bekerja memenuhi kebutuhan harian

4

Guru tidak visioner dan mengembangkan diri untuk mengupgrade pengetahuan tentang pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif

Masih adanya beberapa guru senior yang beranggapan bahwa masih ada yang lebih muda dan tidak perlu mengembangkan diri, beberapa guru berada di posisi nyaman

Tidak mau mengupgrade pengetahuan, merasa terbebani dengan model-model pembelajaran inovatif, nyaman jika pembelajaran ”teacher center”

5

Sulitnya mengaitkan materi literasi numerasi dengan keaadaan saat ini

Guru kurang menguasai materi literasi dan numerasi, murid lebih tertarik dengan sesuatu yang bersifat digital.

Guru belum memahami betul konsep literasi dan numerasi yang baik

6

Teknologi pembelajaran selalu up to date, jika guru tidak mau mengupgrade skill, maka akan tertinggal jauh

Keinginan guru untuk mengupgrade skill rendah

Pelatihan yang banyak diadakan saat ini bresifat mendaftarkan diri

Guru berada  di posisi nyaman, jika tidak ada namanya dalam peserta pelatihan maka tidak akan mengembangkan diri.

 

LK 1.3 Penentuan Penyebab Masalah dan Masalah Terpilih yang akan diselesaikan

 

No.

Hasil eksplorasi penyebab masalah

Akar penyebab masalah

Analisis akar penyebab masalah

Masalah terpilih yang akan diselesaikan

1

1.Guru mampu menangani anak dalam kelas, tetapi tidak menguasai teori-teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, kurikulum yang berubah juga dapat mempengaruhi adaptasi guru terkait kurikulum

2. Kurangnya pembiasaan yang relevan terkait dengan literasi dan numerasi

Banyaknya beban kerja guru dalam mengerjakan administrasi kelas

 

Sosialisasi kurikulum baru masih belum merata

 

Pembiasaan literasi dan numerasi cenderung membosankan

Guru nerasa beban kerja yang sangat banyak setelah energi terkuras mengajar murid di kelas

 

Sosialisasi yang bermakna dan teraplikasi di kelas belum menyeluruh

 

 

1.   Pengembangan pedagogik guru

 

 

 

 

 

 

 

2.   Pembiasaan Literasi dan Numerasi

 

 

3.   Mengupgrade skill dalam bidang teknologi

 

2

1.   Murid hanya belajar jika ada tugas

2.   Orang tua terkadang menutupi kebutuhan khususnya

3.   Orang tua tidak terima jika murid yang perlu tes diagnostik diarahkan untuk tes atau ke sekolah luar biasa

pembelajaran berdiferensiasi membutuhkan waktu persiapan yang tidak sebentar

Perhatian orang tua terhadap anaknya kurang dalam hal tugas sekolah

Perhatian orang tua terhadap anak mengenai tugas sekolah kurang

 

Orang tua merasa malu jika mempunyai anak berkebutihan khusus

 

Kurangnya pemahaman guru mengenai pembelajarn berdiferensiasi

3

Orang tua tidak mampu membimbing anaknya terkait pembelajaran di sekolah, baik waktu dan tenaga sudah habis untuk bekerja

Kurangnya ikut serta peran orang tua dalam membimbing anaknya di rumah

Orang tua tidak peka terhadap kebutuhan anak

4

Masih adanya beberapa guru senior yang beranggapan bahwa masih ada yang lebih muda dan tidak perlu mengembangkan diri, beberapa guru berada di posisi nyaman

Pelatihan saat ini dengan pola mendaftarkan diri, jika guru tidak aktif mendaftarkan diri maka guru tidak mengikuti pelatihan

Perlunya semangat atau penguatan dari dalam diri untuk berkembang

5

Guru kurang menguasai materi literasi dan numerasi, murid lebih tertarik dengan sesuatu yang bersifat digital.

Literasi dan numerasi merupakan suatu hal yang baru

Kemajuan teknologi mendorong murid lebih cepat berkembang sedangkan guru masih stagnan dengan model pembelajaran terdahulu

6

Keinginan guru untuk mengupgrade skill teknologi rendah

Pelatihan yang banyak diadakan saat ini bersifat mendaftarkan diri

Guru merasa sulit menerima hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi

Penggunaan teknologi perlu dibiasakan dalam mengajar supaya tidak gagap

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS PTK - MODUL AJAR

 ABDATUL AZIZAH SD KELAS A SDN PADEMANGAN BARAT 07 Modul Ajar Kurikulum Merdeka A.         Informasi umum 1)    Identitas Sekolah ...